BeritaKegiatan Desa

Pembentukan POSLUHDES Desa Jraganan

Pemaparan Materi Posluhdes oleh Pak Nuranto, SP

jraganan.desa.id (13/5/2018). Pertanian merupakan mata pencaharian utama mayoritas warga Desa Jraganan dengan luas areal persawahan hampir 80.000 Ha. Maka dari itu, untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian baik kualitas maupun kuantitas hasil panen diperlukan ilmu dan trobosan baru yang bisa secara langsung di aplikasikan oleh petani.

Dinas pertanian dan perkebunan Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang dibantu Balai Penyuluh Kecamatan Bodeh memberikan sosialisasi Pembentukan Pos Penyuluhan Desa(Posluhdes) di Desa Jraganan pada hari rabu (9/5/2018) bertempat di Balai Desa Jraganan mulai pukul 08.00 Wib.

Hadir dalam acara ini sebagai narasumber adalah Nuranto, SP selaku penyuluh pertanian madya koordinator KJF Dispertan Kabupaten Pemalang yang memberikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan adanya Posluhdes di tiap desa. Rapat ini diikuti dari unsur pemerintah desa, petani, pkk, dan lembaga masyarakat yang ada di Desa Jraganan.

Peserta Rapat Posluhdes

Pos Penyuluhan Desa/Posluhdes adalah kelembagaan penyuluhan pada tingkat desa yang bersifat non struktural yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama, sebagai tempat pertemuan para penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha.

Tujuan pembentukan Posluhdes adalah :

  1. Untuk mempermudah dan memperlancar penyampaian informasi teknologi kepada petani.
  2. Agar petani lebih proaktif dalam mencari teknologi dan informasi pertanian secara umum.
  3. Untuk merangsang petani/kontak tani dalam berkarya dan menemukan teknologi baru yang merupakan hasil karya petani sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *