KKN UNSOED 2024

Pendampingan Posyandu Balita dan Imunisasi Oleh Tim KKN UNSOED 2024

[16/01/2024] Posyandu Kecamatan Bodeh mengadakan acara berupa posyandu balita dan imunisasi polio. Pada acara ini Tim KKN UNSOED 2024 berkesampatan untuk ikut serta dalam Pendampingan Posyandu Balita dan Imunisasi. Pengadaan acara ini bertujuan untuk meningkatkan gizi balita dan mencegah penyakit kelumpuhan akibat polio. Acara yang diadakan di Gedung Serbaguna Kaliwuluh ini mengikutsertakan kader bidan, balita dan ibu.

Kegiatan ini berawal dari persiapan peralatan yang akan digunakan dalam kegiatan posyandu, mulai dari timbangan hingga alat ukur tinggi badan. Setelah alat-alat dipersiapkan, ibu dan balita dapat memulai kegiatan posyandu dan imunisasi. Dimulai dari pengecekan Kesehatan dasar balita seperti tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala. Sehabis pengecekan Kesehatan secara mendasar dilanjutkan dengan imunisasi polio.

Baca Juga PROKER KKN UNSOED 2024: TANAM CABAI DAN TIMUN DI BPP

https://jraganan.desa.id/2024/01/16/kkn-unsoed-2024/

Diharapkan acara ini dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan balita termasuk dengan pemenuhan gizi. Peran mahasiswa sebagai pendamping ibu dan balita juga merupakan bentuk dari pengabdian Tim KKN UNSOED 2024 kepada bidang Kesehatan di Desa Jraganan. Uswatun sebagai koordinator bidang kesehatan berharap “semoga kegiatan posyandu dapat meningkatkan kesehatan ibu dan balita serta mencegah kemingkinan polio. Diharapkan juga adanya kegiatan rutin ini dapat menjadi peningkatan kesadaran masyarakat atas kesehatan ibu dan balita.”

Khevin sebagai anggota Bidang Kesehatan TIM KKN UNSOED 2024 juga mengingatkan kembali mengenai imunisasi polio. Hal ini menjadi penting karena obat dari polio belum ditemukan, maka dari itu mencegah lebih baik dari mengobati. Bidang Kesehatan berpesan mengenai peningkatan kehadiran ibu dan balita pada bulan selanjutnya.

Baca Juga Poliomyelitis (Penyakit Virus Polio)

https://infeksiemerging.kemkes.go.id/penyakit-virus/poliomyelitis-penyakit-virus-polio

Acara ini selesai pada pukul 11 siang 16 Januari 2024, kegiatan rutin ini akan diakan kembali pada tanggal 11 dan 16 setiap bulannya. Catat tanggalnya dan tidak lupa utuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Ibu sudah pernah ikut serta dalam posyandu dan imunisasi polio? Jika belum segera ditunggu kedatangannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *