Berita

Penyuluhan tentang Penyakit ISPA dan Penyakit Diare oleh TIM I KKN UNDIP 2018 Bersama dengan Kegiatan Posyandu Rutin

Pemalang, Selasa (16/1/2018) Tim I KKN UNDIP 2018 yang dipimpin oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip melaksanakan program monodisiplin bersamaan dengan kegiatan posyandu yang diadakan di Dusun Rengaspitu, Desa Jraganan, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Kegiatan posyandu di Desa Jraganan rutin dilakukan setiap tanggal 11 di Dusun Rengaspitu dan tanggal 16 di Dusun Kaliwuluh dan dipimpin oleh Ibu Musdalifah selaku bidan desa. Kegiatan yang dilakukan di posyandu meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan dan vaksinasi anak.

Program monodisiplin yang dilakukan yaitu penyuluhan terkait penyakit ISPA dan diare pada anak. Penyuluhan tersebut dilakukan karena penyakit ISPA dan diare banyak ditemukan di Desa Jraganan serta kurangnya pemahaman para ibu terkait penyakit itu sendiri dan bahayanya  pada anak. Penyuluhan yang diberikan terdiri dari pengertian penyakit secara umum, gejala, pencegahan, hingga cara penanganannya.

Warga Dusun Rengaspitu sangat antusias dengan diadakannya penyuluhan ini. Harapan setelah dilakukannya penyuluhan yaitu warga Dusun Rengaspitu dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah diberikan di rumah masing-masing dan lebih memperhatikan kebersihan serta kesehatan keluarganya.

 

By : Poppy Imelda Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *