Penyerahan Bantuan Alat Tangkap Ikan dari Dinas Perikanan Pemalang

 

jraganan.desa.id (5/31) Kelompok nelayan perairan umum darat (PUD) Desa Jraganan yang bernama “Wader Jaya” mendapatkan bantuan alat tangkap ikan berupa jala dan pancingan dari Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang pada hari Kamis (31/5/2018). Penyerahan bantuan ini secara simbolik dilaksanakan di Balai Desa Jraganan oleh Farah Aditya selaku petugas penyuluhan lapangan Dinas Perikanan wilayah Kecamatan Bodeh dan Ampelgading kepada Tisno selaku ketua kelompok nelayan.

Bantuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan atau sosialisasi yang di laksanakan Dinas Perikanan Pemalang mengenai Pengelolaan Sumber Daya Ikan Perairan Umum Darat di Desa Jraganan. Dengan adanya bantuan alat tangkap ini diharapkan produktifitas dan kualitas tangkapan ikan yang didapat para nelayan bisa lebih meningkat.

Kelompok Nelayan PUD merupakan kelompok yang baru dibentuk di Desa Jraganan, walaupun banyak warga jraganan yang biasa menangkap ikan di sungai comal tapi kegiatan ini hanya untuk usaha sampingan karena kurang alat dan sumber daya ikan yang semakin sedikit.

Dengan adanya kelompok Nelayan ini diharapkan bisa menjadi :

  1. Pelopor untuk bisa mengali potensi lain dari sumber daya alam yang ada di Desa Jraganan terutama perikanan sungai Comal.
  2. Melestarikan alam terutama DAS sungai comal dari pencemaran lingkungan. terutama dari tindakan penangkapan ikan yang ilegal mulai dari meracun, menyetrum, dan pembuangan limbah disungai.
  3. Menyatukan warga Desa yang berprofesi sebagai penangkap ikan dalam kelompok agar lebih mudah terdata.
  4. Tempat berbagi ilmu tentang perikanan perairan umum darat.
  5. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga nelayan PUD melalui berbagai kegiatan pembinaan.

 

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)