BeritaKegiatan DesaKKN Undip 2023

Edukatif! Maraknya Perundungan (Bullying) di Kalangan Pelajar, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Psikoedukasi mengenai Bullying di SD N Jraganan

JRAGANAN, Kasus Perundungan makin menjadi di kalangan anak-anak, terutama lingkungan sekolah di desa Jraganan. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan psikoedukasi bertajuk “Aku Siswa Anti Bullying” kepada anak-anak sekolah dasar. Psikoedukasi ini dilakukan di SD Negeri Jraganan Senin (24/7) dengan sasaran siswa dan siswi di SD Negeri Jraganan.

Kegiatan psikoedukasi ini berlangsung dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Januarayza Amanda Nurul Aulia mahasiswa Psikologi melakukan presentasi, permainan peran, dan diskusi kelompok untuk mengajak siswa-siswi terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Sesi presentasi dimulai dengan menggambarkan apa itu bullying, jenis-jenisnya, faktor-faktor penyebab bullying, dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya bullying. Selanjutnya melakukan permainan peran, beberapa siswa memerankan peran korban, pelaku, dan penonton dalam situasi bullying.

Melalui pendekatan ini, para siswa dapat memahami lebih dalam perasaan dan konsekuensi dari setiap peran yang mereka mainkan. Sesi selanjutnya adalah diskusi, para siswa diajak untuk berbicara tentang bagaimana mereka bisa menjadi agen perubahan dalam menghadapi kasus bullying.

Masing-masing kelompok menyusun langkah-langkah konkret untuk menghadapi bullying di lingkungan sekolah mereka. Kegiatan berakhir dengan janji bersama para siswa untuk menjadi Siswa Anti Bullying yang berkomitmen untuk melawan perilaku bullying dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan menyenangkan bagi semua.

Selain kegiatan psikoedukasi, terdapat pemasangan poster yang berjudul “Stop Bullying” sebagai seruan untuk mengajak siswa siswi menghindari adanya perilaku bullying.

Psikoedukasi Bullying bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran mengenai permasalahan bullying serta mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan dan mengambil sikap sebagai siswa anti bullying.

Penulis: Januarayza Amanda Nurul Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *