BeritaKegiatan DesaKKN Undip 2023

TIM II KKN Undip Tingkatkan Aksesibilitas Masyarakat Desa

JRAGANAN, Upaya peningkatan infrastruktur dan aksesibilitas masyarakat desa TIM II KKN Undip melakukan pengukuran jalan di Desa Jraganan, lebih tepatnya di dukuh Jraganan dan dukuh Kaliwuluh, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

Pengukuran jalan dilakukan bersama perangkat desa setelah berkoordinasi dengan pemerintah desa. Dukuh Jraganan dan dukuh Kaliwuluh ini dipilih karena memiliki jalan desa yang sangat vital bagi mobilitas penduduk. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari 3 – 4 Agustus dengan melibatkan partisipasi aktif salah satu perangkat desa Jraganan.

Tujuan utama pengukuran jalan ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi aktual jalan desa, termasuk kerusakan, kemiringan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi aksesibilitas sekaligus untuk memberikan masukan kepada pemerintah desa terkait perencanaan perbaikan dan pengembangan infrastruktur jalan.

Pengukuran jalan dilakukan menggunakan peralatan pengukuran seperti penggaris, alat ukur jarak, dan kompas untuk mengukur panjang dan lebar jalan, serta mencatat kondisi jalan secara detail. Data tersebut kemudian akan diolah untuk menghasilkan peta jalan desa yang akurat. Selanjutnya, hasil pengukuran dan analisis akan diberikan kepada pemerintah desa sebagai masukan dalam upaya perbaikan jalan.

Kegiatan pengukuran jalan desa di Jraganan dan Kaliwuluh menjadi langkah nyata dalam mendukung pembangunan infrastruktur pedesaan. Diharapkan hasil dari pengukuran jalan mampu memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kondisi jalan desa dan turut berkontribusi dalam perbaikan serta peningkatan aksesibilitas bagi masyarakat desa setempat.

Penulis: Patrick Rico Antonio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *