BeritaKegiatan DesaKKN Undip 2023

Dukung Program KKP TIM II KKN Undip Gencarkan Edukasi dan Penggunaan API (Alat Penangkap Ikan) Ramah Lingkungan

JRAGANAN, Mahasiswa fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan lakukan edukasi alat tangkap ramah lingkungan dengan sasaran kelompok nelayan darat “Wader Jaya” desa Jraganan.

Program tersebut dilaksanakan di rumah ketua RW 1 Desa Jraganan Sabtu malam (29/7) dan dihadiri oleh warga Desa Jraganan dengan tujuh orang diantaranya tergabung dalam kelompok nelayan darat.

Alat tangkap yang digunakan oleh kelompok nelayan darat di desa Jraganan yaitu jaring insang atau gillnet. Hal ini diketahui berdasarkan informasi dari hasil observasi dengan berkeliling desa Pak Tisno selaku ketua kelompok nelayan darat.

“Kami berharap program edukasi alat tangkap ramah lingkungan bisa memberikan pengetahuan tambahan mengenai alternatif alat tangkap selain jaring yang kami gunakan” jelas beliau.

Adanya edukasi API (Alat Penangkap Ikan) ramah lingkungan bertujuan untuk menginformasikan beberapa alternatif alat tangkap yang sesuai kriteria dan dapat dikatakan ramah terhadap lingkungan.

Selain itu, program ini mendukung Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. 18 Tahun 2021 tentang Penempatan Alat Penangkapan Ikan Dan Alat Bantu Penangkapan Ikan Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia Dan Laut Lepas Serta Penataan Andon Penangkapan Ikan membagi API kedalam dua jenis yaitu API yang diperbolehkan dan dilarang untuk digunakan.

Pasca program edukasi API ramah lingkungan yang telah diselenggarakan diharapkan nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan darat Desa Jraganan tertarik dan memiliki kemauan untuk mencoba alat tangkap selain jaring yang biasa mereka gunakan dalam menangkap ikan di sungai sekitar wilayah Desa Jraganan maupun Kecamatan Bodeh.

Kegiatan edukasi API ramah lingkungan tersebut dimulai dengan pemaparan materi terkait dasar hukum dan alasan penggunaan API ramah lingkungan serta penjelasan terkait beberapa API ramah lingkungan, dilanjut pengenalan API ramah lingkungan. Warga desa yang hadir juga diperlihatkan cara pembuatan dan penggunaan salah satu alat tangkap ikan yaitu bubu lipat melalui pemutaran video.

Penyebaran informasi lanjutan dari program edukasi API ramah lingkungan ini dilakukan dengan pemberian booklet kepada perwakilan kelompok nelayan darat desa Jraganan dan memasang poster yang berisi materi singkat pada pusat informasi yang berada di tepi Jalan Raya Desa Jraganan. Hal tersebut dimaksudkan agar booklet dan poster tersebut dapat di baca oleh warga desa yang melintas ataupun anggota kelompok nelayan darat.

Penulis: Elsa Purwati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *