BeritaKegiatan DesaKKN Undip 2023

Menuju Indonesia Sehat 2023 TIM II KKN Undip Buat Database Posyandu Untuk Desa Jraganan

JRAGANAN, Kesehatan merupakan suatu hal yang tidak ternilai harganya. Dalam upaya memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak, terdapat kegiatan rutin posyandu tiap bulan di Desa Jraganan untuk anak, yang terdiri dari bayi, batita, dan balita.

Hal tersebut menjadi ide bagi Diva Aulia Sajidah, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2023 untuk membuat database posyandu dalam rangka memudahkan pendataan posyandu di Desa Jraganan.

Program kegiatan pembuatan database posyandu mulai dilakukan pada minggu pertama KKN bertepatan dengan posyandu anak sampai minggu keempat. Program pembuatan database posyandu dilakukan dengan cara ikut serta dalam kegiatan posyandu kemudian melakukan input data dari buku manual ke Microsoft Excel.

Database posyandu tersebut berisi catatan tinggi dan berat badan anak tiap bulan. Database diharapkan dapat mempermudah pencatatan dan pemantauan kondisi anak oleh kader posyandu di Desa Jraganan.

Kader Posyandu Desa Jraganan merasa sangat terbantu dan mendukung program pembuatan database posyandu. Kader posyandu pun turut serta membantu memberikan catatan posyandu dari bulan dan tahun sebelumnya untuk dilakukan input data di database. Setelah selesai, database posyandu diserahkan kepada Kader Posyandu Desa Jraganan.

Besar harapan Diva Aulia Sajidah, kegiatan rutin posyandu dapat terus berlanjut, serta database posyandu dapat memberikan manfaat bagi kader posyandu dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak di Desa Jraganan.

Penulis: Diva Aulia Sajidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *