BeritaKegiatan DesaKKN Undip 2023TIM KKN

Kepala Desa Jraganan Kenalkan Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2023 Kepada Tokoh Masyarakat

JRAGANAN, Kepala desa Jraganan bapak Rumban kenalkan mahasiswa Universitas Diponegoro yang akan menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama 45 hari, terhitung dari tanggal 5 Juli-17 Agustus. Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa Senin malam (10/7) yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat desa Jraganan. Mahasiswa yang melaksanakan KKN berjumlah 9 orang yang berasal dari jurusan berbeda-beda.

Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian sambutan oleh bapak kepala desa, dilanjut dengan sambutan koordinator mahasiswa yakni Bagus Wijaya.

Satu persatu mahasiswa memperkenalkan diri dan memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga dan minggu keempat. Program kerja yang ditawarkan antara lain adalah edukasi cyber bullying, budidaya cabai, pembuatan septic tank, edukasi nasionalisme, peer konseling, edukasi QRIS, pengenalan aquascape, pembuatan database posyandu, dan sosialisasi literasi.

Masyarakat menerima dengan baik program kerja yang disampaikan oleh mahasiswa KKN, bahkan ada yang mengusulkan diadakannya program kerja pembentukan UMKM baru.

Harapannya adalah mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro mampu melaksanakan program kerjanya dengan baik dan membantu persoalan-persoalan yang tengah ada di sekitar masyarakat desa Jraganan. Selain itu juga momen ini dapat menjadi pengalaman bagi mahasiswa KKN untuk hidup berdampingan dengan masyarakat dengan kultur yang berbeda serta menambah wawasan terkait sosial kemasyarakatan.

Penulis: Awaliani Muflichah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *